BERITA SULTENG

Waas Intel Kasad Gelar Binkom di Kodim 1306/Kota Palu, Cegah Konflik Sosial

×

Waas Intel Kasad Gelar Binkom di Kodim 1306/Kota Palu, Cegah Konflik Sosial

Sebarkan artikel ini
FOTO : Waas Intel Kasad Bidang Jemen Intel, Brigjen TNI Ardian Triwasana, didampingi Dandim 1306/Kota Palu, Lekol Inf Rivan Rembudito Rivai, serta narasumber lainya, saat foto bersama dengan peserta Binkom pecegah konflik sosial, di Makodim 1306/Kota Palu(ist)

PALU –  Komando Distrik Militer (Kodim)1306/Kota Palu, mengelar Pembinaan Komunikasi (Binkom), dengan cegah konflik sosial, dengan tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial di Wilayah Kodim 1306/Kota Palu” yang dilaksnakan di Aula Sudirman, Makodim 1306/Kota Palu, Selasa(30/7/2024).

Kegiatan yang melibatkan Seluruh Komponen Baik itu Pemuda, Generasi Milenial, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama, serta sejumlah LSM, Mahasiswa serta Instansi terkait lainnya. Dalam kesempatan itu juga Kodim 1306/Kota Palu, menyajikan tiga narasumber dalm kegiatan tersebut.

Tiga narasumber itu, yakni Dandim 1306/Kota Palu, Lekol Inf Rivan Rembudito Rivai, dari Polresta Palu, dan Kesbangpol Kota Palu.

Dalam kesempatan itu, Waas Intel Kasad Bidang Jemen Intel, Brigjen TNI Ardian Triwasana, yang membuka kegiatan itu menyampaikan transisi demokrasi dalam tatanan dunia yang semakin terbuka mengakibatkan makin cepatnya dinamika sosial, termausk faktor intervensi asing.

Kondisi tersebut menempatkan indonesia sebagai salah satu negara yang rawan konflik, baik konflik bersifat vertikal maupn Horisontal.

“ Kegiatan Binkom ini, merupakan salah satu cara  mencegah konflik sosial di wilayah Kodim 1306/Kota Palu, yang merupakan salah satu upaya preventif melalui metode cerama dan tanggung jawab,” ucapnya.

Brigjen TNI Ardian Triwasana juga menyampaikan kepada seluruh komponen masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya pencegahan konflik sosial di tengah-tengah masyarakat.

“Selalu bekerjasama untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Waasintel Kasad Bididang Jemen Intel, Brigjen TNI Ardian Triwasana juga mengatakan kegiatan ini diharapkan bukan hanya sekedar sebuah program, tetapi harus ada dukungan timbal balik untuk membangun satu visi misi dan menyamakan persepsi dalam satu Bhineka tunggal ika (Berbeda beda tetapi tetap satu) untuk mencegah segala konflik yang terjadi.

“Maka, mari kita bersama-sama untuk menjaga kedamaian dan Ketentraman di wilayah Kota Palu, Sehingga ke depan, negara Indonesia semakin maju dan menjadi negara yang terhormat,” ujarnya.

“Selain itu, pencegahan Konflik sosial bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, melainkan tanggung jawab seluruh pihak yang memiliki tanggung jawab moral,” tututpnya.

Dalam kegatan itu, tiga narasumber menjelaskan panjang lebar terkait dengan peran serta komponen masyarakat dalam mencegah konflik sosial di wilayah Kodim 1306/Kota Palu.(reza)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *