Berita Palu

Kadinkes Beberkan Program Palu Sehat Di Konfercab IAI Kota 2023

389
×

Kadinkes Beberkan Program Palu Sehat Di Konfercab IAI Kota 2023

Sebarkan artikel ini

INIPALU. COM – Kadis Kesehatan Kota Palu dr. RochmadĀ  Yasin Munawar menghadiri Seminar dan Konferensi Cabang (Konfercab) Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota tahun 2023.Di salah satu hotel di Kota Palu, sabtu (18/2/2023).

Hadir pula Ketua PD IAI Sulteng Apoteker Moh Upik, Ketua PC IAI Apoteker Al Husni dan Ketua Panitia Konfercab IAI Palu Apoteker Erik Budiawan.

Dalam sambutannya Kadinkes menyatakan bahwa apoteker mengemban tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan kode etik dan pedoman disiplin apoteker indonesia.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, apoteker merupakan bagian dari masyarakat yang telah dibekali dengan ilmu pengetahuan dalam bidang kefarmasian serta telah diambil sumpahnya untuk menggunakan ilmu yang telah diperoleh demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.”Jelasnya.

Selain itu jugaĀ  Apoteker yang melakukan praktik kefarmasian harus memiliki sertifikat kompetensi profesi yang dapat diperpanjang setiap 5 (lima) tahun sekali sesuai dengan peraturan menteri kesehatan nomor 889/menkes/per/2011 dan peraturan pemerintah no. 51 tahun 2009 tentang pekerjaan kefarmasian.

Lebih lanjut Kadinkes juga membeberkanĀ  beberapa program seperti pelayanan kesehatan gratis kepada seluruh masyarakat di wilayah kota palu sebagai bentuk inovasi dalam mendukung program wali kota palu.

“Pelayanan kesehatan merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan kepada masyarakat.” Imbuhnya.

Pelayanan kesehatan gratis jumat palu sehat merupakan inovasi dinas kesehatan kota palu yang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kesakitan dan kematian ibu dan anak serta pelayanan kesehatan lansia yang diselenggarakan oleh dinas kesehatan kota palu pada tiap kelurahan setiap hari jumat.

Selain itu, pemerintah ‘ kota palu melalui dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana kota palu juga telah melaunching pelaksanaan kamis palu ber-kb yang akan dilaksanakan setiap hari kamis pekan berjalan.

Adapun ruang lingkup pelayanan kamis palu ber-kb ini meliputi komunikasi, informasi, dan edukasi atau kie, konseling, dan pelayanan kb di setiap faskes secara gratis.

Kamis palu ber-kb yang menyasar pasangan usia subur (pus) ini juga bertujuan untuk menurunkan tingkat kelahiran dengan caraĀ  penggunaan kontrasepsi secara berkelanjutan.Ā  sehingga meningkatkan kesejahteraan ibu dan anak serta mewujudkan keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera melalui pengendalian kelahiran dan pengendalian pertumbuhan penduduk indonesia khususnya kota palu.

“Dengan adanya inovasi ini, masyarakat kota palu dapat memanfaatkan pelayanan-pelayanan ini dengan baik.” Harapnya. ***

IMG-20240115-WA0256

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini