Suara Politika

Ini Sosok Ridwan Nontji, Pengusaha Muda, Kandidat Legislatif DPRD Sulteng Partai Perindo

320
×

Ini Sosok Ridwan Nontji, Pengusaha Muda, Kandidat Legislatif DPRD Sulteng Partai Perindo

Sebarkan artikel ini

PERINDO mendaftarkan satu dari dua bacaleg termudanya untuk merebut kursi DPRD Sulteng.

Salah satunya adalah Moh. Ridwan atau dikenal dengan Ridwan Nontji, ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Parigi Moutong.

Ridwan yang kini menjabat wakil ketua hubungan antar lembaga DPW Perindo Sulteng terdaftar sebagai bacaleg DPRD Sulteng untuk daerah pemilihan (dapil) Sulteng 2 yakni Parigi Moutong.

Menurut Ridwan, keinginannya untuk maju dan bertarung merebut kursi DPRD Sulteng dikarenakan dirinya ingin memperjuangkan kesejahteraan tempat kelahirannya di Parigi Moutong.

ā€œDisana banyak UMKM yang tumbuh dan membutuhkan perhatian khusus. Makanya, saya sebagai perwakilan para UMKM berkeinginan ada perpanjangan tangan mereka di legislatif,ā€ kata Ridwan.

Saat ini Moh. Ridwan bersama HIPMI Parigi Moutong menaungi 24.801 UMKM yang tersebar di 23 kecamatan.

Dengan modal itulah, ketua Forum Bumdes Sulawesi Tengah itu memberanikan diri terjun ke politik praktis demi untuk membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerahnya.

ā€œDengan masuk parlemen saya bisa mewakili UMKM ini bagaimana membangun sektor perekonomian lewat jalur politik. Harapannya dengan menjadi anggota DPRD Sulawesi Tengah ini bisa mewakili aspirasi masyarakat Parigi Moutong,ā€ kata Ridwan

Sebagai anak muda dia berkeinginan ada sosok muda yang harus menjadi motor penggerak dari desa dan daerah.

Ia menambahkan bahwa anak muda yang memiliki usaha dan lebih produktif melakukan hal-hal positifĀ  akan mengurasi resiko terpaparnya penyalahgunaan narkotika.

ā€œKita sama-sama berjuang bagaimana menangkal hal-hal negatif di masyarakat dengan memperbaiki perekonomian khususnya yang berkaitan dengan narkoba ini yang erat kaitannya dengan faktor lingkunganā€Ā  Pungkasnya.

Tiga program yang akan dijalankan jika terpilih jadi anggota legislatif DRPD Provinsi yaitu :

Program Pengembangan Ekonomi Lokal;

Ridwan akan mengusulkanĀ program pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Program ini akan membantu mengembangkan potensi ekonomi lokal, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

Program Kesehatan Gratis;

Ridwan akan mengusulkanĀ program kesehatan gratis bagi masyarakat yang tidak mampu. Program ini akan menjamin akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, sehingga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Program Pendidikan Gratis;

Saya akan mengusulkan programĀ  pendidikan gratis bagi masyarakat dari keluarga kurang mampu. Program ini akan memberikan kesempatan bagi anak-anak yang kurang mampu untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas dan memperbaiki taraf hidup keluarganya.

Dalam perjalanan karirnya memegang jabatan penting di beberapa perusahaan besar seperti Kalla Group, Sampoerna Financial Group.

Tak hanya di perusahaan swasta, Ridwan Nontji pernah bekerja sebagai Staf Bidang Ekonomi di BAPPEDA Kabupaten Parigi Moutong tahun 2011.

Ridwan Nontji mengabdikan dirinya dalam dunia pendidikan sebagai dosen Keuangan di STIE Panca Bhakti Palu dan Dosen Kewirausahaan di Kampus Akbid Graha Ananda Palu yang saat ini telah berubah nama menjadi Institut Teknologi Kesehatan Dan Bisnis Graha Ananda.

Salah satu Pejuang dalam Perekonomian Kabupaten Parigi Moutong ini, terus berupaya menguatkan program program pemberdayaan di bidang ekonomi, khususnya di sektor industri kreatif, UMKM, Ekowisata, Peternakan Terintegrasi, dan sektor lainnya.

Ridwan Nontji bersama relawan relawan Kemanusiaan lainnya berkolaborasi dan bersinergi dalam satu gerakan kepedulian kemanusiaan lewat HIPMI Peduli.

Biodata singkat:

Nama: Moh Ridwan, SE, MBA

Tempat / tanggal lahir: Desa Ongka, Parigi Moutong / 09 November 1983

Bapak Haji Nontji, dan Ibu Hj. Arawiyah Lanongko

Riwayat Pendidikan :
SDN 1 Ongka
MTs-N Palu Barat.
SMKN 2 Palu.
S1 Ekonomi Pembangunan, Universitas IsIam Indonesia
S2 Manajemen Keuangan, Universitas Gadjah Mada.

 

Organisasi:

1. Ketua Umum Badan Pimpinan Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Parigi Moutong,

2. Ketum Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum BUMDes Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah,

3.Sekretaris Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Palu Barat.

4. Tanggal 30 Mei 2023 kedepan akan dilantik sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Cabang Pemuda Tani Indonesia (PTI) Kabupaten Parigi Moutong.***

IMG-20240115-WA0256

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ingin Beriklan? Klik Disini